Jasa Pembuatan Lemari Pakaian Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor dan Bekasi

Anda mau membuat lemari pakaian di daerah Depok, Jakarta, Bogor, Bekasi dan Tangerang? Kami perusahaan interior furniture yang ahli dibidang pembuatan interior lemari pakaian, baik pakaian custom meja rias, custom tempat tidur, custom meja belajar dan sebagainya.

Untuk membuat lemari  pakaian lebih detail kami akan membahas lebih dalam soal bahan pembuatan lemari pakaian, jenis finishing yang umum digunakan,  jenis jenis desain lemari pakaian dan custom nya, hingga biaya pembuatan lemari pakaian custom.

Bahan Material Pembuatan Lemari Pakaian

Umumnya bahan pembuatan lemari pakaian ada 2 jenis yaitu bahan kayu solid dan bahan kayu olahan. namun disini kami akan membahas detail bahan yang kami gunakan yaitu bahan kayu olahan multipleks atau plywood.

Apa itu multiplex? Apa bedanya dengan tripleks, kayu lapis, dan plywood? Atau jangan-jangan keseluruhan istilah itu sebetulnya sama saja? Agar lebih jelas, mari kita pahami dulu pengertiannya bersama-sama lalu baru karaker, kegunaan, dan perbandingannya dengan istilah yang lain.

Banyak di antara kita yang sering mendengar istilah multipleks. Bahan ini meskipun adalah salah satu material untuk pengerjaan mebel dan bangunan, rupanya cukup populer di masyarakat awam sekalipun. Lantas apa itu multiplex? Dari pengertian yang paling sederhana, bahan ini bisa diartikan sebagai kayu olahan yang dibuat dari beberapa lapisan kayu tipis yang sifatnya lebar. Lapisan kayu tersebut disatukan dengan resin dan diatur sehingga antara satu dengan yang lainnya berotasi 90 derajat. Spesifikasi ini dibuat secara khusus supaya bahan tersebut memiliki kualitas unggulan, misalnya untuk menekan kembang susut kayu. Sedangkan dari grade atau kualitas lapisan kayu yang digunakan, umumnya bagian yang dalam memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding lapisan kayu yang berada di bagian luar.

Keunggulan Multipleks
Sebagai kayu olahan alias engineered wood, kayu ini menawarkan berbagai keunggulan, antara lain:

Harga yang lebih terjangkau
Kekuatan yang lebih baik bila dibandingkan dengan engineered wood yang lain seperti MDF, HDF, hingga particle board
Adanya pola serat yang masih tampak. Hal ini membuat bahan tersebut lebih menarik dan bisa difinishing ataupun diamplas.

Karakteristik Multiplex

Masih memiliki pola serat kayu
Biasanya hadir dalam bentuk papan lebar
Tipis
Pola penumpukan potongan kayu secara horizontal.

Jenis Multipleks

Ada beragam jenis yang tersedia saat ini di pasaran, antara lain adalah hardwood plywood dan softwood. Yang softwood biasanya terbuat dari kayu seperti pinus dan kayu-kayu tak begitu keras lainnya. Sedangkan yang hardwood biasanya terbuat dari kayu-kayu tanaman biji tertutup atau angiospermae.

Fungsi, Manfaat, atau Guna Multipleks

Bahan ini telah banyak digunakan untuk berbagai bidang sesuai dengan karakteristiknya. Berikut ini berbagai contoh pemakaian multipleks.

Di bidang mebel, bahan ini sering digunakan sebagai salah satu material untuk membuat furniture. Misalnya sebagai bagian belakang almari. Dengan harga yang lebih murah, furniture dengan bahan ini pun akan bisa dijual dengan lebih murah oleh pembuatnya.

Di bidang konstruksi bangunan, bahan ini banyak digunakan untuk elemen interior ataupun eksterior. Ia bisa digunakan untuk lantai, dinding, hingga paflon rumah.

Di bidang transportasi. Di bidang ini, multipleks banyak dipakai untuk interior alat transportasi. Contohnya adalah untuk elemen interior kereta api.

Plywood, Kayu Lapis, dan Tripleks

Apa perbedaan multiplex dengan plywood, kayu lapis, dan tripleks? Untuk plywood dan kayu lapis, sebenarnya bahan ini masuk dalam kategori kedua istilah itu. Plywood dalam bahasa Indonesia biasa disebut kayu lapis. Kayu lapis sendiri terdiri atas beberapa varian. Dua di antaranya adalah multipleks yang jumlah lapisan kayunya lebih banyak dan tripleks yang jumlah lapisan kayunya lebih sedikit. Dengan demikian, dari segi kekuatan, tripleks masih lebih kalah dibandingkan dengan multipleks.

Beda Multipleks dengan Blockboard

Sementara multipleks punya makna yang sama dengan kayu lapis dan plywood serta berada dalam satu kategori bersama dengan tripleks, hal yang berbeda ketika bahan ini disandingkan dengan blockboard. Blockboard adalah kayu olahan yang terdiri dari potongan kayu lapis yang lebarnya beberapa millimeter saja. Kayu-kayu ini tidak lebar seperti pada plywood melainkan sempit tapi panjang. Sehingga untuk menghasilkan blockboard, kayu-kayu tersebut harus disatukan sehingga dari samping membentuk garis tempelan vertikal. Berikutnya, papan yang terbentuk dilapisi dengan veneer. Salah satu blockboard yang terkenal adalah teakblock atau yang biasa disebut tikblok.

Nah, demikian pembahasan mengenai multiplex mulai dari pengertian, karakter, manfaat, serta perbandingannya dengan bahan yang lain.

Jenis Finishing Lemari Pakaian

Dalam pembuatan lemari pakaian, kami menyediakan jasa pembuatan lemari pakaian dengan finishing hpl dan cat. Untuk finishing cat menggunakan  cat duco dan melamik.

Bukan hanya kayu solid saja yang membutuhkan finishing kayu, kayu olahan juga perlu dilapisi dengan finishing kayu yang tepat untuk menjaga keawetannya. Kayu olahan seperti multipleks, MDF, dan particle board biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku utama pembuat furnitur, kitchen set, dan elemen bangunan, seperti pintu dan kusen.

Perkembangan teknologi sekarang ini memunculkan beragam jenis kayu olahan baru. Semakin beragamnya jenis kayu olahan, maka semakin bervariasi juga finishing kayu olahan yang dapat diaplikasikan. Jenis-jenis finishing untuk kayu olahan dapat menyesuaikan dengan tampilan kayu yang kamu inginkan.

Finishing kayu transparan diterapkan guna menonjolkan pesona serat kayu yang nampak pada permukaan kayu olahan. Sebaliknya, untuk menutupi serat kayu yang kurang apik, permukaan kayu olahan pun dilapisi dengan finishing non-transparan.
Finishing transparan untuk kayu olahan
1. Melamik

Finishing kayu melamik cocok diterapkan untuk furnitur interior karena memberikan tampilan akhir yang mewah sekaligus rapi. Melamik yang diaplikasikan melalui teknik spray mampu menutup pori-pori permukaan kayu olahan dengan sempurna.
Namun, finishing kayu olahan ini menimbulkan bau menyengat sehingga dibutuhkan bukaan yang cukup untuk kelancaran sirkulasi udara sehingga bau finishing kayu ini tidak tertahan di dalam ruangan.
2. Natural wax

Untuk kamu yang menyukai tampilan alami kayu, finishing kayu olahan jenis natural wax dapat menjadi pilihan. Natural wax biasanya dapat ditemukan berupa pasta, kekentalannya memang diformulasikan untuk mempertahankan warna serta serat asli kayu.

Berbeda dengan melamik, finishing kayu olahan ini tidak mengeluarkan bau yang tajam dan terbuat dari bahan non-toxic. Kekurangannya, finishing kayu ini memiliki tingkat kehalusan yang tinggi sehingga tidak memberikan perlindungan yang kuat untuk kayu olahan.

3. Finishing warna semi transparan

Jenis pelapis lain yang menghasilkan tampilan clear finish adalah finishing kayu semi transparan yang biasanya berupa water-based lacquer. Finishing kayu olahan ini memiliki kemiripan dengan pernis. Karena berbasis air, kandungan kimia yang terdapat pada finishing kayu ini lebih ramah lingkungan dan tidak mudah terbakar.

Finishing non-transparan untuk kayu olahan

1. Cat Duco

Cat Duco merupakan finishing kayu yang tidak hanya meningkatkan pesona kayu olahan, namun juga menambah kekuatan dan kekokohan material dasarnya. Efek warna solid yang ditampilkan finishing kayu ini juga mampu menutupi serat kayu timbul yang kurang sempurna. Terdapat variasi warna cat Duco yang bisa memberikan tampilan elegan dan mewah secara langsung pada permukaan kayu olahan.

2. Veneer

Meskipun tidak memberikan efek clear finish, veneer tetap menghadirkan tampilan kayu yang alami sebab finishing kayu ini terbuat dari serat kayu asli. Namun, harga pelapis veneer cukup mahal dipasaran dibandingkan finishing kayu non-transparan lainnya. Selain itu, lapisan veneer yang sangat tipis membuat proses pengeleman perlu dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak merusak lapisan veneer tersebut.

3. HPL (High Pressure Laminate)

Material pelapis ini adalah salah satu finishing kayu olahan yang paling populer. HPL biasa digunakan untuk melindungi tubuh kabinet kitchen set dan furnitur. Tidak jarang juga finishing kayu ini digunakan untuk melindungi panel dinding, lantai, dan plafon. Selain menyediakan variasi motif yang beragam, HPL juga dikenal karena pemasangannya yang praktis dan durabilitasnya yang tinggi.

4. Tacon

Terbuat dari plastik dengan ketebalan kurang dari 1 mm, finishing kayu ini sangat fleksibel sehingga mudah mengikuti bentuk dan kelengkungan furnitur. Tacon menampilkan tekstur yang menyerupai kayu, namun finishing kayu ini tampak tidak alami dan mudah memudar sehingga dapat mengurangi keindahan estetika.

5. PVC

Salah satu jenis finishing kayu yang paling awet adalah PVC. Ketahanan PVC bahkan menyaingi kayu solid. Apalagi finishing kayu ini dapat diperoleh dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, PVC terbuat dari bahan yang kurang ramah lingkungan dan tidak menampilkan tekstur kayu yang alami.

Dengan mengaplikasikan finishing kayu yang tepat dibarengi dengan perawatan teratur, kayu olahan milikmu akan tampil memesona layaknya kayu solid berkualitas tinggi.

Lemari Pakaian Finishing Cat Duco

Menurut arti kata pengecatan sendiri merupakan proses pelapisan atau finishing sebuah benda dengan media cat. Sementara pengecatan duco adalah teknik pengecatan dengan menutup semua pori pori dan urat kayu asli sehingga nampak warna baru dari mebel furniture tersebut. Selanjutnya cat duco diberi finishing akhir pada permukaan furniture dapat berupa dof atau glossy. Warna dapat bervariasi, biasanya terdiri dari warna-warna solid, karena finishing sistem duco dalam interior design digunakan untuk furniture yang ingin menampilkan kesan elegan pada tahap akhirnya.

Biasanya untuk teknik pengecatan duco menggunakan bahan pencampur berupa tiner. Pilihan untuk cat duco sangat beragam, sehingga sangat cocok digunakan untuk furnitur anak yang membutuhkan warna yang bervariasi. Tetapi pelapis ini relatif mahal harganya dan membutuhkan tahapan pelapisan yang cukup banyak untuk menghasilkan kualitas yang baik, selain itu furnitur yang sudah dicat dengan cat duco serat asli kayu tersebut tidak dapat dikembalikan.

Cat semprot duco menggunakan bahan cat jenis nitrocellulose (NC) merupakan salah satu jenis cat yang paling banyak dipakai dalam industri finishing mebel, pengecatan mobil (sedan, bis, truck), mesin industri, dan alat berat. Cat Nitrocellulose pigment warna dari cat ini dapat menghasilkan penampilan finishing yang sangat indah, lapisan film yang jernih, tipis dan sangat alami, cocok untuk finishing pada produk furniture yang mengutamakan keindahan penampilan.

Teknik Pengecatan Duco Furniture

Tahapan kerja Duco:
– Permukaan kayu harus kering dan bebas dari debu, dan kotoran kemudian amplas permukaan kayu dengan kertas gosok no 1,5 searah dengan serat kayu sampai permukaan kayu menjadi halus.
– Permukaan kayu di kuas dengan resin hingga rata, setelah kering di gosok dengan kertas amplas no 1 hingga halus.
– Setelah halus permukaan kayu dilapis dengan dempul. Setelah dempul kering kemudian di gosok lagi dengan kertas gosok no 1
– Kemudian permukaan kayu tersebut di spray atau semprot dengan epoxy. baru di gosok dengan kertas gosok no 240 sampai halus.
– setelah itu semprotkan dengan cat / duco dasar. Agar pengerjaannya menjadi halus. Usahakan warna dasar sesuai dengan warna yang diinginkan. Apabila masih ada permukaan yang kelihatan kasar bisa digosok dengan kertas gosok no 600.
– Semprotlah dengan warna yang sesuai selera kita hingga rata.
– Akhirnya permukaan yang sudah di duco tadi kita coating dengan clear. Sesuaikan clear yang diinginkan clear gloss atau doff atau semi.

Sementara itu, teknik pengecatan duco memiliki kelebihan dari pengecatan lainnya, yaitu:
1. lebih fleksibel, karena bisa diterapkan di hampir semua jenis material kayu furniture/mebel
2. pilihan warnanya tak terbatas, karena cat bisa dicapur untuk mendapatkan warna tertentu
3. memberikan hasil yang terlihat fancy ataupun mewah
4. hasil akhir dapat disesuaikan, apakah tampak glossy (mengkilap) maupun dof

Sementara kelemahan teknik cat duco adalah:
1. waktu pengerjaannya relatif lama, karena ada banyak proses yang harus dilalui
2. harga finishing ini relatif mahal
3. daya tahan cat ini sangat tergantung pada ketebalan lapisan coating dan type cat yang digunakan

Jenis Variasi Warna Cat Duco

Teknik pengecatan duco menghasilkan banyak variasi warna yang kita kehendaki. Maka dengan pengecatan duco bisa lebih berekspresi dalam memainkan warna untuk mebel furniture kita. Berikut adalah jenis jenis warna yang umum digunakan untuk pengecatan duco mebel furniture.

Variasi warna cat duco dapat diaplikasikan pada semua mebel furniture yang kita kehendaki. Baik untuk kusen pintu rumah, lemari pakaian, kitchen set, meja makan, meja rias, nakas, tempat tidur dan sebagainya. Variasi warna lain untuk cat duco umumnya adalah cat perak atau emas yang bisa diaplikasikan pada mebel furniture kesayangan anda.

JASA PENGECATAN DUCO MEBEL FURNITURE

Sebagai jasa tukang pengecatan duco kami melayani semua jenis mebel furniture untuk dilakukan pengecatan duco dengan berbagai variasi warna dan juga keinginan. Maka kami melayani jasa pengecatan duco yaitu:
1. Jasa Pengecatan Duco Furniture Lemari Pakaian
2. Jasa Pengecatan Duco Furniture Kithen Set
3. Jasa Pengecatan Duco Kusen Pintu
4. Jasa Pengecatan Duco Meja Rias
5. Jasa Pengecatan Duco Meja Makan
6. Jasa Pengecatan Duco Tempat Tidur
7. Jasa Pengecatan Duco Meja Kantor
8. Jasa Pengecatan Mebel Furniture Duco Lainnya.

Untuk lebih detailnya mari kita bahas satu per satu jasa pengecatan furniture ini.

Jasa Pengecatan Duco Furniture Lemari Pakaian

Furniture lemari pada umumnya terbuat dari bahan kayu solid dan bahan kayu olahan seperti MDF Board, Particle Board, Multipleks dan lainnya. Finishing cat duco untuk lemari pakaian merupakan pilihan yang baik dan menarik untuk membuat furniture dalam rumah menjadi lebih berkesan bersih dan mewah. Pada furniture lama seperti berbahan dasar kayu solid jati sering menggunakan teknik pengecatan bukan duco, namun sering waktu dan sering jaman selera kita berubah dan furniture berbahan dasar kayu solid seperti kayu jati mulai banyak menggunakan cat duco sebagai pilihan warnanya, terutama duco putih. Seperti diungkapkan diatas, teknik pengecatan duco mebel furniture sekarang banyak menggunakan bahan cat dari nipe 2000 dan danagloss, dengan harga nipe 2000 lebih murah dibandingkan dari danagloss. Hal ini karena bahan cat itu sendiri sudah lebih mahal diawal.

Untuk biaya penghitungan cat duco lemari pakaian atau lemari baju kita tahu bahwa lemari umumnya memiliki kedalaman sekitar 60 cm dengan panjang dan tinggi bervariasi. Maka patokan harga biaya pengecatan duco umumnya menggunakan patiokan per meter persegi (m2). Misalnya lemari ukuran 3 meter dan tinggi 2 meter, maka volumenya adalah 6 m2. Jika harga biaya pengecatan duco lemari pakaian adalah Rp 700.000 per m2 untuk luar dalam, maka biaya totalnya adalah Rp 4.200.000,- Jika yang dicat adalah bagian luar saja sedangkan bagian dalam tidak dicat maka harganya bisa berbeda meski dengan volume yang sama. Demikian seterusnya. Untuk pengecatan lemari kadang tidak harus sampai dalam ruangan namun bisa juga bagian luar saja sehingga bagian dalam tidak masuk kedalam hitungan. Untuk cara ini tentu akan menghasilkan penampilan bagian luar saja yang kelihatan duco dan ada perbedaan warna dengan cat baru. Harga memang bisa lebih murah namun hasilnya bisa berbeda antara luar dan dalam.

HPL (High Pressure Laminate)

High Pressure Laminate (HPL) yaitu laminasi dengan tekanan tinggi yang merupakan salah satu bahan finishing umum digunakan dalam produk mebel dan permukaan interior. Dalam pekerjaan pemasangan HPL bisa digunakan sebagai penutup permukaan untuk cabintets, meja, kitchen set, dekorasi interior, dll meningkatnya biaya dan kekurangan pasokan bahan kayu yang nyata, seiring dengan meningkatnya permintaan dari bahan yang ramah lingkungan telah membuat HPL sebagai salah satu yang paling populer finshing bahan untuk produk furniture dan dekorasi interior.

HPL ( High pressure Laminated ) adalah lapisan akhir atau finishing berbagai benda furniture berbahan dasar plastik yang tipis yang akhir – akhir ini menjadi sangat familier dan cukup menarik minat dunia furniture, terutama untuk furniture berbahan dasar multiplek yang mana biasanya finishing/pelapis terluar menggunakan bahan triplek corak ( jati, sungkai, mahoni, megateak , nyatoh ) kini secara perlahan dan pasti mulai ditinggalkan.

HPL memiliki bermacam ragam corak dan warna permukaan yang dapat kita gunakan, dan dari berbagai ragam tersebut yang paling banyak merupakan corak dan warna kayu berbagai jenis. Ada pula warna dan kesan metalik.

HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa.

HPL memiliki kelebihan berupa pengerjaan yang lebih bersih daripada menggunakan cat duco atau sanding, karena material ini di lem pada multipleks. Bagi pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini memiliki keunggulan bersih dan cepat.

menurut beberapa pendapat kelebihan dalam pemasangan hpl antara lain

1. Prosesnya cukup praktis (tanpa finishing tukang semprot), mudah dan lebih cepat pengerjaannya.
2. Cost dan biayanya lebih rendah
3. Furniture yang menggunakan finishing HPL tidak memerlukan tukang khusus finishing, cukup tukang kayu saja.
4. Warna dan motif furniture akan sama, tidak beresiko belang-belang seperti jika menggunakan finishing cat duco.
5. Memiliki banyak sekali jenis, mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit.
6. Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing spray.
7. Cocok untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis.
8. Lebih bersih dalam aplikasinya.
9. Ketahanan yang lebih baik terhadap panas, goresan, zat kimia.
10. Relatif lebih murah.
Namun disamping kelebihan-kelebihan tersebut, ada pula kelemahan material HPL ini, antara lain:

1. Pengerjaan dengan HPL menyulitkan atau bahkan tidak mungkin untuk membuat bidang yang lengkung terlalu kecil, misalnya sudut lengkung dengan jari-jari 5cm. Karena itu biasanya bidang lengkung yang terlalu kecil tersebut akan menggunakan paduan dengan sheet plastik.
2. Pemotongan HPL yang kurang sempurna akan mengakibatkan terlihat adanya lapisan ketebalan HPL dan banyak pula kasus HPL terlihat kurang rapi pada sudut-sudutnya.
3. Secara fisik HPL sangat keras, tingkat flexibelnya rendah dan mudah patah sehingga jika tidak hati-hati akan meningkatkan biaya produksinya.
4. Lapisan HPL sering lepas jika proses lem nya tidak sempurna
5. Tampilan HPL tidak semewah Cat Duco.
6. Dibanding Decosit, HPL sedikit lebih mahal.
7. Bagian edging harus difinishing lagi.
8. Kurang natural dibandingkan cat melamik, dimana cat melamik dapat menampilkan keaslian motif urat kayu dari material kayu yang dipakai.

cara pemasangan HPL

• Siapkan media yang akan difinishing pakai HPL, untuk pengaplikasianya pada bidang kayu plywood, MDF, blocboard, particel board. Bersihkan media tesebut, dengan cara di ampelas sampai rata, lalu bersihkan debu dan kotorannya.

• Siapkan Hpl, lalu potong sesuai dengan ukuran, dilebihin sekitar 0.5 cm atau 1cm, jangan terlalu dipas media tersebut. Pemotongan bisa dilakukan dengan pisau kater, atau pisau khusus yang di jual dimatrial.

• Sediakan Lem kuning atau lem pox, lalu oleskan ke masing-masing media, baik hpl dan juga media yang akan kita tempel, diamkan sekitar 3 – 5 menit, kalau sudah berasa kering tempelkan hpl tersebut, mulai dari ujung sudut atas sampai bawah, di urutkan ke arah akhir sampai rata, di usahakan harus tidak ada yang gelembung di dalamnya.

• Potong ujung hpl sampai rata dan halus, dengan mengunakan benda tumpul seperti kikir, pengaris siku, atau juga kalau ada, pake sirkel mesin runci atau anda juga bisa menggunakan mata pisau ketam dan juga penggaris siku. Itulah alat potong yang biasa kami gunakan.

• Untuk merapihkan tiap sambungan, bisa di dempul / oleskan cat sesuai warna hpl tersebut.
• Sisa lem yang nempel pada Hpl bisa di bersihkan dengan bensin.
berikut adalah contoh pekerjaan yang sudah selesai

HPL merupakan bahan material finishing digunakan sebagai lapisan paling atas (paling depan) untuk interior dan furniture. HPL terdiri dari tiga lapisan yaitu overlay paper (lapisan anti goresnya), pattern paper (design atau motif), dan kraft paper yang diresapi dengan resin, kemudian dipress dengan tekanan dan suhu tinggi sehingga membentuk lembaran laminasi. HPL sering digunakan sebagai bahan finishing daun pintu, lemari, meja, kitchen set, panel dinding, dan lain-lain. Bentuk permukaan terdiri dari semigloss, doff, glossy, dan berserat kayu atau motif timbul.

HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material sheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa. Oleh karena itu HPL memiliki ketahanan lebih baik terhadap panas dan goresan. Selain itu HPL memiliki banyak sekali jenis mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif seperti marmer dan granit sehingga memiliki banyak pilihan untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis. Pemakaian HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing spray. Perawatannya juga cukup mudah cukup gunakan air bersih dan kain lap untuk membersihkannya.

HPL ini juga memiliki kelemahan yaitu jika proses memotong HPL tidak sempurna maka hasil finishing HPL akan terlihat tidak rapi, terutama pada bagian pinggir / ujungnya karena bagian edging atau pinggirnya harus difinishing kembali. HPL bersifat getas dan mudah patah, sehingga agak susah dibengkokan untuk bidang melengkung.

Harga HPL Per Meter / Per Lembar

Harga HPL Taco – HPL adalah singkatan dari High Pressure Laminate. HPL sendiri sering diartikan sebagai sebuah proses laminasi yang menggunakan tekanan tinggi dan merupakan salah satu bahan finishing yang umum dan banyak digunakan dalam produk mebel dan juga pada permukaan desain – desain interior. HPL dapat bekerja dengan sangat baik sebagai penutup permukaan yang biasanya digunakan pada cabintes, meja, kitchen set, dekorasi interior dan masih banyak lagi.

Seiring dengan meningkatnya biaya dan juga kekurangan pasokan bahan kayu saat ini, menjadikan HPL makin populer dan banyak digemari sebagai salah satu alternatif finishing bahan untuk produk furniture serta dekorasi interior.

Alasan lain mengapa HPL ini banyak dipilih adalah karena HPL merupakan bahan yang ramah lingkungan.

Triplek HPL Cocok Untuk Dekorasi
HPL yang merupakan lapisan akhir atau finishing beragam jenis benda furniture berbahan dasar plastik tipis ini memang menjadi sangat familiar dan cukup menarik minat dalam dunia furniture, khususnya untuk furniture berbahan dasar multiplek dimana finishing atau pelapis terluar dari multiplek ini tentunya menggunakan bahan triplek, kebanyakan memakai triplek corak (jati, sungkai, mahoni, megateak, nyatoh) yang mana treatment tersebut perlahan – lahan mulai ditinggalkan.

Perubahan treatment ini biasanya masih membutuhkan treatment melamic atau duco yang mana dari segi biaya dan juga waktunya memang sangat jauh perbedaannya. Seperti yang sudah kita tahu bahwa HPL lebih praktis, cepat dan juga lebih murah. Oleh karena itu tak heran apabila HPL akhirnya menjadi bahan pelapis furniture yang populer dan banyak digemari.

Mungkin dari anda banyak yang bertanya – tanya, apa saja sebenarnya kelebihan serta kekurangan dari HPL ini? Secara umum, kelebihan dari HPL ini adalah anti gores dan juga anti air. Memang tidak seratus persen anti gores, namun, material HPL ini sangat kuat karena bahan utamanya adalah plastik keras PVC yang permukaannya memiliki tekstur.

Material ini bahkan lebih kuat jika dibandingkan dengan material sheet yang biasanya banyak digunakan untuk melapisi furniture murah dimana furniture – furniture semacam itu biasanya dijual hanya di toko – toko furniture biasa. HPL juga mempunyai kelebihan berupa pengerjaannya yang lebih bersih dibandingkan saat menggunakan cat duco atau sanding, sebab material ini dilem atau direkatkan pada multipleks.

Bagi para pengrajin meubel dan furniture multipleks, material ini diklaim mempunyai keunggulan yaitu lebih bersih dan cepat. HPL mempunyai varian produk edging yang dapat mempermudah pengerjaan furniture, terutama pada bagian pinggir yang tipis.

Kelebihan Triplek HPL :
Proses pengerjaannya bisa dibilang cukup praktis, karena bisa dilakukan tanpa finishing yang harus melibatkan tukang semprot sehingga jadi lebih mudah dan proses pengerjaannya lebih cepat.
Cost atau biayanya lebih rendah.
Seperti yang sudah dibahas, furniture yang menggunakan finishing HPL tidak membutuhkan tukang khusus finishing, jadi cukup tukang kayu saja.
Warna serta motif furniture-nya akan sama, hingga hasil akhirnya nanti tidak akan belang – belang seperti saat menggunakan finishing cat duco.
HPL mempunyai banyak jenis, mulai dari moti kayu, warna solid, metalik, hingga motif marmer dan juga granit.
Pemakaian HPL ini juga akan lebih cepat selesai jika dibandingkan dengan finishing spray.
Cocok digunakan untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis.
Lebih bersih dalam aplikasinya.
HPL memiliki ketahanan yang baik terhadap panas, goresan dan juga zat kimia.
Harganya juga relatif lebih murah.

Kekurangan Triplek HPL

Namun, disamping kelebihan – kelebihan tersebut, HPL juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya :
Proses pengerjaan dengan menggunakan HPL ini terkadang menyulitkan dan bahkan tidak mungkin untuk membuat lapisan pada bidang lengkung yang terlalu kecil. Misalnya saja sudut lengkung yang jari – jarinya hanya 5 cm. Oleh sebab itu biasanya jika terdapat bidang – bidang lengkung yang terlalu kecil seperti itu akan dilapisi menggunakan paduan dengan sheet plastik.

Pemotongan HPL yang kurang sempurna dapat mengakibatkan tampilannya kurang menarik, sebab akan terlihat adanya lapisan yang menunjukkan ketebalan HPL tersebut, kasus – kasus seperti ini banyak terjadi. Kasus lainnya adalah sering sekali HPL terlihat kurang rapi pada sudut – sudutnya jika tidak dipasang dengan benar.

Secara fisik atau tampilannya HPL ini sangat keras, tingkat fleksibilitasnya sangat rendah dan akan mudah patah, sehingga apabila tidak hati – hati memakainya maka biaya produksinya pasti juga akan bertambah.
Lapisan HPL akan mudah atau sering terlepas apabila saat proses pemasangan tidak di lem atau direkatkan dengan sempurna.
Tampilan HPL tidak semewah cat duco.
Jika dibandingkan dengan Decosit, HPL memang sedikit lebih mahal.
Bagian edging pada HPL harus di-finishing lagi.
Hasil akhir dari HPL ini kurang natural jika dibandingkan dengan cat melamik, dimana cat melamik mampu menampilkan keaslian motif urat kayu dari material yang digunakan.

Jenis Jenis Triplek HPL

HPL tersedia dalam beberapa macam, diantaranya adalah :
HPL memiliki warna – warna yang kuat dan juga berani. Ada yang tampil glossy dan juga matt/doff, yang mana keduanya sama – sama menarik untuk digunakan. Pemilihan warna yang kuat dapat membuat tampilan furniture anda jadi lebih indah dan glamour. HPL jenis ini memiliki beberapa warna yang mencolok seperti apple red, apple green, orange , blue dan juga yellow.

HPL Real Wood / Motif Kayu
Apabila anda ingin menimbulkan suasana alami dan natural seperti warna kayu, HPL juga mempunyai tekstur serta motif kayu yang menarik. Motif ini biasanya lebih cocok ditempelkan pada kitchen set, lemari, meja rias dan barang lain yang terkesan artistik. Jenis HPL real wood ini juga tersedia dalam beberapa pilihan yang dapat anda pilih, seperti misalnya tiger eye, classic eye, cat eye dan juga bird eye.

HPL Wood Grain / Gradasi Kayu
Pilihan untuk motif gradasi kayu ini cocok untuk anda yang menginginkan interior rumah nampak harmonis dan hangat. HPL dengan corak kayu ini juga sangat beragam warnanya, ada warna tua, terang dan juga pucat. Mengenai tipenya sendiri, ada type dark ebony, zebra wood, ori zebrano serta canadian maple.

HPL Special Features / Motif Khusus HPL
Tidak hanya warna yang mencolok ataupun motif kayu, HPL kini juga tersedia dalam warna – warna metal serta gradasi yang berani. Apabila anda memilih HPL jenis ini, kesan modern dan futuristik dapat tercipta. Terdapat pilihan warna polos dan bertekstur yang membuat kombinasi ini jadi lebih istimewa. Motif spesial yang tersedia adalah snake leather, waveline, hairline dan banyak lagi yang lain.

Harga HPL per Lembar
Variasi warna dan juga tekstur dari HPL yang beragam tentu dapat membantu anda memilih HPL sesuai selera dan kebutuhan. HPL ini memiliki ketebalan yang bervariasi, mulai dari 0,8 mm sampai dengan 1,5 mm. Lebarnya pun juga bervariasi, mulai dari 122 cm hingga 244 cm.

Jasa Pembuatan Lemari HPL dan Kelebihan dan kekurangan HPL

Jasa Pembuatan Lemari HPL – Pengunaan lemari pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan Kita, karena Kita sering kali menggunakan lemari baju, lemari makan maupun jenis lemari lainnya dalam kehidupan sehari-hari.
Nah, berbicara mengenai lemari kali ini Kami akan membahas mengenai lemari HPL, nah pastinya Anda masih terasa asing bukan mendengar lemari HPL tersebut? Lalu apakah lemari HPL itu?

Perlu Anda ketahui bahwa, HPL adalah kepanjangan dari high pressure laminate adalah turunan langsung dari laminasi plastik asli dan HPL digunakan sebagai pelapis akhir pada perabotan berbahan kayu solid.
Dan HPL dianggap sebagai salah satu bahan permukaan dekoratif yang paling tahan lama dan tersedia dengan sifat kinerja khusus termasuk bahan kimia, api, dan ketahanan aus. Nilai khusus HPL dapat dibentuk di sekitar tepi melengkung dengan aplikasi panas dan pengekangan.

Bagaimanakah HPL Diproduksi?
Tahukah Anda bahwa ternyata HPL diproduksi dengan menjenuhkan beberapa lapis kertas kraft dengan resin fenolik? Kemudian lapisan kertas dekorasi dicetak diletakkan di atas kertas kraft sebelum menekan.
Karena resin fenolik dan melamin adalah plastik termoset, proses pengawetan mengubah resin menjadi plastik dengan proses pengikatan silang yang mengubah lembaran kertas menjadi lembaran laminasi tunggal yang kaku.
Thermosetting menciptakan ikatan yang kuat dan ireversibel yang berkontribusi terhadap daya tahan HPL dan laminasi tekanan tinggi dilaminasi ke panel komposit yang memanfaatkan berbagai perekat.

Particleboard atau MDF adalah substrat yang disukai karena memberikan dasar bahan pembuatan HPL yang stabil, tahan lama, konsisten dan ekonomis. Karena daya tahannya, laminasi tekanan tinggi adalah pilihan umum untuk permukaan horisontal termasuk untuk lantai, meja dan lemari.

Apa Sajakah Kelebihan Lemari HPL dan Kekurangan Lemari HPL?

Tahukah Anda bahwa ternyata finishing lemari yang menggunakan HPL memiliki banyak sekali keuntungan bagi perabotan rumah tangga dan salah satunya adalah jika digunakan pada lemari HPL, lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangannya?

1. Kelebihan Lemari HPL
– Lemari HPL antigores dan anti air

– Lemari HPL biasanya memiliki banyak corak maupun banyak warna yang menyerupai seperti kayu asli, marmer, kesan metalik, sampai grannit.
– Bahan HPL lebih bersih dan ramah lingkungan sehingga sangat aman digunakan
– Lemari HPL biasanya sangat cocok digunakan dirumah Anda untuk gaya furniture modern atau gaya minimalis
– Biaya HPL lebih murah
– Motif dan warna lemari HPL bisa disesuaikan dengan keinginan Anda

2. Kekurangan Lemari HPL
Tak ada yang sempurna didunia ini keciali Yang Maha Kuasa memang begitulah faktanya dan dibalik kelebihan lemari HPl terdapat beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui, lalu apa sajakah kekurangan lemari HPL? Berikut ulasannya?
– Biasanya tampilan lemari HPL tidak semewah lemari dengan menggunakan cat duco yang biasanya digunakan sebagai penyempurna furniture
– Perlu Anda ketahui bahwa jika proses pengeleman HPL lemari tidak sempurna maka kemungkinan besar dikuemudian hari lapisan HPL akan sangat mudah lepas pada lemari.
– Lemari HPL mudah patah, dikarenakan HPL adalah bahan yang sangat keras.
– Kekurangan selanjutnya adalah lapisan HPL tidak dapat digunakan pada lemari dengan bidang yang melengkung atau pada bidang yang berukuran kecil

Perbedaan Lemari Berbahan Melamin, HPL dan Veneer

Sebelum Kamu membeli lemari berbahan HPL ada baiknya Anda mengetahui beberapa perbedaannya dengan finishing lemari berbahan lainnya, karena antara lemari berbahan melamin, HPL dan laminate ketiganya sangat mirip.
Apalagi Jika Anda baru pertamakali membelinya pasti dapat membuat Anda kebingungan, namun jangan khawatir karena Kami akan memberikan ketiga perbedaan dari masing-masing jenis bahan material kayu lemari finishing tersebut karena pasti akan membantu Anda, diantaranya:

1. Lemari Berbahan Triplek Melamin
Lemari berbahan triplek melamin ini diciptakan dari kertas tipis yang diaplikasikan pada alat tertentu yang bertekanan 300-500 psi pada papan substrat dan secara teknis dibuat menjadi bentuk yang seperti itu.

Melamin adalah lem yang digunakan untuk memenuhi lapisan kertas yang diubah menjadi permukaan plastik padat melalui fusi termal dan secara umum, triplek berbahan melamin sangat hemat biaya karena proses pembuatannya.
Dan salah satu ciri triplek melamin adalah memiliki permukaan yang halus dan licin, sehingga sangat mudah untuk dibersihkan ketika terkena kotoran.

Selain itu triplek melamin juga tersedia dalam berbagai pilihan warna, namun sayangnya kelemahannya adalah ketika terdapat kelembaban atau adanya air dipermukaanya maka triplek melamin cepat mengalami kerusakan.

2. Lemari Berbahan HPL
Material finishing selanjutnya adalah lemari berbahan HPL atau (High Pressure Laminate), dimana saat membuatnya HPL diproduksi dengan menjenuhkan beberapa lapis kertas kraft dengan resin fenolik atau resin plastik, kemudian lapisan kertas dekorasi dicetak diletakkan di atas kertas kraft sebelum ditekan dalam mesin di bawah 1400 psi pada substrat.

Dan proses HPL ini melibatkan 4 tahap, tahap pertama merendam lembaran dalam resin, mengeringkan, menumpuknya dalam lapisan dekoratif dan akhirnya melakukan termoseting. Lapisan laminasi yang baru terbentuk ini dikombinasikan dengan lapisan film dekoratif kemudian dilekatkan pada substrat kayu.
Perlu Anda ketahui bahwa laminasi HPL bisa memiliki harga yang lebih mahal, namun kelebihannya adalah anti gores, anti air dan bisa lebih tahan lama terhadap kelembaban, bahan kimia, panas dan tahan benturan.
Jenis laminasi dipilih berdasarkan kinerja dan tujuan penggunaan produk dan HPL sering dibagi ke dalam berbagai jenis produk: tujuan umum, yang digunakan untuk permukaan vertikal, postforming, flame retardant, liner dan penyokong bagian lemari lainnya.

3. Veneer
Mungkin kebanyakan orang masih asing dengan veneer, namun jangan khawatir karena Kami akan menjelaskannya untuk Anda. Veneer kayu merupakan sebuah lembaran kayu yang memiliki ketebalan tertentu dan didapatkan melalui serangkaian pengupasan dengan cara tertentu.
Sehingga pada akhirnya mekanisme pengupasannya memberi permukaan lapisan tekstur tekstur yang khas. Veneer berasal dari jenis kayu jati, kayu oak, kayu mindi dll, karenanya serat dan teksturnya menjadi unik.
Menggunakan veneer adalah keuntungan secara ekologis dan ekonomis karena Anda akan mendapatkan lebih banyak desain dari satu batang kayu saat dipotong menjadi lembaran, berbeda dengan kayu solid.
Karena proses pembuatannya maka dapat dimengerti mengapa kayu veneer sering digunakan sebagai material finishing yang memiliki harga lebih mahal daripada melamin dan HPL.

Warnanya juga spesifik untuk jenis pohon, tetapi dapat diwarnai untuk mencapai warna yang tidak alami. Ini memungkinkan desain dan pengaturan kayu yang tidak mungkin dengan kayu solid
Ternyata selain dijadikan untuk finishing lemari, veener juga bisa dimanfaatkan untuk peapis lantai parket atau bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya.

Jasa Pembuatan Lemari HPL Jakarta dan Sekitarnya

Setelah Anda membaca artikel Kami tentang lemari HPL pastinya Anda sudah ada bayangan bukan banyak kelebihan lemari HPL dibandingkan lemari biasa sehingga saat ini banyak orang sudah menggunakannya karena sangat cocok dengan rumah bergaya modern maupun minimalis.
Lalu, dimanakah saya dapat mendapatkan informasi seputar jasa pembuatan lemari HPL, meja hingga kitchen set?
Tenang Anda sudah berada di halaman website yang tepat karena Kami Jasainteriorruangan.com merupakan pilihan yang tepat untuk Anda, karena Kami sudah berpengalaman di bidang jasa pembuatan lemari HPL terbaik selama bertahun-tahun sesuai dengan selera atau permintaan Anda dan Kami juga melayani:

Harga Jasa Pembuatan Lemari HPL
A. Harga pembuatan lemari HPL dalam melaminto mulai Rp 1.950.000/m2
B. Harga pembuatan kabinet standart kitchen set bawah HPL mulai Rp 1.950.000/m lari
C. Harga Pembuatan kabibet atas kitchen set melaminto dalam Rp 1.900.000/m lari
D. Harga marmer/granit kabinet bawah mulai Rp 900.000 /m lari
E. Harga pembuatan meja kerja HPL minimalis mulai Rp 1.750.000/m lari
F. Harga pembuatan pintu swing dan kusen multiplex finish hpl mulai Rp 2.800.000 /unit
G. Harga lemari multiplex finish duko luar mulai 2.600.000/m2

Selain itu Kami memiliki harga special dengan kualitas special untuk Anda dimana tidak semua jasa pembuatan interior dapat memberikannya pada klien.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *